TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN MENTAL ANAK*
Pemantauan Perkembangan mental anak sangat penting sebagai dasar untuk perkembangan selanjutnya, yakni prasekolah, sekolah, akil balik dan remaja. Untuk mendapatkan perkembangan yang baik dibutuhkan:
1. Kesehatan dan gizi yang baik: baik ketika masih dalam kandungan, bayi maupun prasekolah.
- Memberikan stimulus (rangsangan) yang cukup dalam kualitas dan kwanitas.
Selain ke dua faktor itu keluarga dan kelompok bermain mempunyai peran yang penting dalam membina fisik, mental sosial anak balita.
- Secara naluri bayi telah mampu mengisap ASI dengan baik, kerena inilah satu-satunya cara untuk makan.
- Bayi telah dapat mengerak-gerakkan kedua lengan, kaki dan jari-jemari.
- Bayi mulai memberikan reaksi dengan melihat ke sumber cahaya dengan penglihatannya.
- Bayi akan menangis ketika lapar, haus, buang air kecil dan besar.
2. Dari usia 1 sampai 3 bulan
§ Bayi muali belajar tengkurap dan belajar mengangkat kepala.
§ Kemampuan penglihatannya sudah bertambah dengan mingikuti obyek yang dilihatnya.
§ Bayi sudah dapat tersenyum saat melihat muka seseorang.
§ Bayi sudah dapat bereaksi terhadap bunyi atau suara
§ Bayi mengenal ibunya dengan penglihatan, penciuman, pendengaran dan kontak.
§ Bayi dapat menggenggam dan menahan benda atau maninan yang disentuhkan pada ujung jari dan telapak tangannya beberapa saat.
§ Bayi sudah mengoceh dengan spontan atau beraksi dengan mengoceh.
3. Dari Usia 3 sampai 6 bulan
§ Bayi berusaha memperluas pandangannya dengan mengangkat kepala tegak dan mengangkat dada dengan bertopang tangan.
§ Bayi mampu berguling-guling, membolak-balikkan badan dari terlentang ke tengkurap, atau sebaliknya.
§ Bayi mulai belajar meraih benda-benda yang ada di jangkauannya atau di luar jangkauannya dan berusaha mencari benda-benda yang menarik perhtiannya atau benda yang hilang.
§ Bayi akan mencari dan menengok sumber suara bunyi.
§ Emosi sudah mulai tampak dengan tertawa dan menjerit gembira bila diajak bermain.
§ Giginya mulai tumbuh dan sering menaruh benda-benda dimulutnya atau menggigit-gigit benda dengan giginya.
4. Dari usia 6 samapi 9 bulan
§ Bayi mulai belajar duduk sendiri tanpa dibantu.
§ Bayi sudah dapat merangkak maraih benda atau mendekati seseorang.
§ Bayi mampu memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain.
§ Bayi memegang benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk.
§ Bergembira dengan melempar-lempar benda.
§ Bayi akan tertawa atau berteriak ketika melihat benda-benda yang menarik perhatiannya.
§ Menjerit atau mengeluarkan kata-kata yang tanpa arti.
§ Bayi mulai menurukan suara atau bunyi-bunyian yang di dengarkan.
§ Bayi mulai mengenal muka anggota keluarganya dan takut-takut kepada orang asing atau orang lain.
§ Bayi dapat memegang dan makan kue sendiri tanpa di bantu.
§ Bayi mulai dapat diajak bermain dalam permainan tepuk tangan dan bunyi-bunyian.
5. Dari usia 9 sampai 12 bulan
§ Bayi mulai belajar berdiri sendiri dengan berpegangan pada meja, kursi atau lemari (rambatan-jawa).
§ Bayi mulai belajar berjalan dengan berpegangan.
§ Mengulang bunyi atau suara yang didengarnya.
§ Bayi mulai belajar mengucapkan atau menyebutkan suara atau dua kata yang sama, misalnya : mi-mi, ma-ma atau pa-pa.
§ Bayi mulai mengerti peritah atau larangan-larangan.
§ Bayi mampu meraih atau memegang benda-benda kecil dengan tangannya.
§ Bayi mulai memperlihatkan minat yang besar dalam menjelajah sekitarnya, ingin melihat dan mengetahui semuanya, ingin menyentuh apa saja dan memasukkan benda-benda ke mulutnya.
§ Bayi sudah mulai bisa dajak berpartisipasi dalam permainan.
6. Dari usia 12 sampai 18 bulan
§ Anak sudah dapat berjalan sendiri tanpa berpegangan dan menjelajahi rumah serta sekeliling rumah.
§ Mulai dapat menyusun 2 atau 3 kotak.
§ Belajar melempar, menangkap dan menendang bola.
§ Mulai mengatakan 5 sampai 10 kata.
§ Dapat bertepuk tangan dan minum dari cangkir atau “mug” tanpa tumpah.
§ Mampu memperlihatkan perasaannya seperti rasa cemburu dan rasa bersaing.
7. Dari usia 18 sampai 24 bulan
§ Anak sudah bias melompat dengan dua kaki.
§ Naik turun tangga.
§ Mampu menusun 6 kotak ke atas.
§ Anak dapat berjalan mundur sedikitnya 4-5 langkah.
§ Mampu mengenali gambar-gambar yang diperlihatkan kepadanya.
§ Menggambar garis di kertas atau tanah atau pasir.
§ Mampu menyusun dua kata.
§ Belajar makan sendiri.
§ Menaruh minat atau meniru apa yang dikerjakan oleh orang-orang yang lebih besar.
§ Memperlihatkan minat kepada anak lain dan bermain-main dengan mereka.
§ Mampu menunjukkan dan menyebutkan bagian tubuh dengan benar.
§ Mulai belajar mengontrol buang air besar dan buang air kecil.
§ Anak mulai belajar melompat, memanjat, melompat dan berdiri dengan satu kaki.
§ Mampu menyusun kalimat-kalimat sederhana dan menggunakan kata-kata yang ditunjuk kepadanya.
§ Anak dapat mengikuti perintah dan petunjuk-petunjuk sederhana. Belajar menggambar dengan membuat lingkaran dan garis lurus.
§ Anak mampu melakukan sendiri, seperti makan dan minum.
§ Bermain bersama dengan anak-anak lain dan menyadari adanya lingkungan lain di luar keluarganya.
§ Dapat menyebut namanya sendiri.
9. Dari 3 sampai 4 tahun
§ Mulai senang bermain dan mengunjungi tetangga.
§ Anak mulai mampu berjalan pada jari kaki (jinjit).
§ Belajar berpakaian dan mambuka pakaian sendiri.
§ Menggambar garis silang atau orang hanya kepala dan badan.
§ Mampu memilih 2 atau 3 warna dalam gambar.
§ Mampu menyebut namanya, jenis kelamin dan umurnya serta nama panggilan orang lain.
§ Mulai bicara dengan baik.
§ Rasa ingin tahunya yang basar dan banyak bertanya.
§ Mulai mengenal sisi atas, bawah , muka dan sisi belakang.
§ Tertarik pada cerita-cerita, seperti binatang.
§ Bermain dengan anak lain.
§ Dapat mamakai dan melepas sepatu sendiri.
§ Mulai mengerti dan mematuhi aturan sederhana.
§ Mampu menunjukkan rasa sanyang kepada saudara-saudaranya.
§ Dapat melaksanakan tugas-tugas sederhana.
10. Dari 4 sampai 5 tahun
§ Anak dapat melompat dengan satu kaki.
§ Anak mulai mampu meniru gerakan atau bergaya seperti orang yang lebih besar, seperti menari, berjoget dan bernyanyi.
§ Mampu mangambar bentuk orang dengan lengkap dan menggambar segiempat atau segitiga.
§ Dapat menghitung dengan jari-jarinya.
§ Dapat berpakaian dan mengancingkan baju sendiri.
§ Dapat menyebut nama-nama hari dalam seminggu.
§ Mampu mengenal bentuk dan membandingkan ukuran besar atau keil dan panjang atau pendek.
§ Mampu mengulang hal-hal penting yang didengarnya.
§ Mampu mengenal lebih banyak warna.
§ Mampu menceritakan tentang peristiwa yang dialaminya secara sederhana.
§ Sangat berminat terhadap kata-kata baru yang belum dikenalnya dan artinya.
§ Sering melakukan protes bila dilarang apa yang diniginkannya.
No comments:
Post a Comment