Wednesday 17 March 2010

Wisata Pegunungan Desa Tempur, Jepara

Desa Tempur Kecamatan Kembang Jepara

Setelah selesai stuffing container selesai di perusahaan tempat saya bekerja (Perusahaan Furniture) pada hari Jumat 12 meret 2010. Pihak Managemant mendapat kabar gembira bahwa Pameran (Exabition) 2010 di Singapura cukup berhasil. Maka pihak Managemant pada hari Sabtu mengadakan rencana traveling bersama (khusus Staff) ke Desa Tempur, Kecamatan Kembang Jepara. Managemant memilih Desa Tempur karena di desa ini terkenal dengan keindahan alam pegunungannya. Biasanya kita seringnya melihat panorama pantai. Jadi biar kita dapat melihat petensi lain yang ada di Jepara ini. Memang Kabupaten Jepara ini terdapat wilayah daerah Pegunungan, yaitu Pegunungan Muria. Dimana pegunungan Muria ini wilayahnya terbagi menjadi 3 wilayah yaitu : Kabupaten Kudus,Kabupaten Pati dan Kabupaten Jepara sendiri.

Pukul 08.00 Wib seperti rencana kita kumpul di Perusahaan. Start dimulai dari Perusahaan dengan sebagian Crew staff. Sedangkan sebagian yang lain menunggu di perjalanan (rumahnya searah dengan Lokasi desa Tempur). Pukul 08.15 wib kita berangkat ini Foto Crew…..

P.Ponco (head Scurity), P.Erwin (manager), Saya & Fahri), P.Dian (Manager Produksi-belakang Saya), P. Slamet (Supervisor Sanding), P.Reno (Purchasing), Ferry (Asst.supv sanding), P.Firman (Travelling man), mansur (supv. Antique) P.Kunarto (Scurity)

Terlihat di sini Buah hati Saya (fahri) ikut. Memang dalam perjalanan traveling ke Desa tempur ini Anak Istri saya ajak…tapi sebelumnya saya bilang dulu dengan Manager…….Boleh apa tidak….ternyata boleh, malahan yang masih jejaka-jejakan, gadis boleh membawa serta pasangannya masing-masing….Kita berangkat dengan kendaraan Roda dua. Soalnya dengan pertimbangan agar kita dapat dengan bebas menikmati keindahan alam yang akan kita lawati.

Perjalanan dari Jepara (kecamatan Jepara-lokasi Perusahaan) kearahUtara yang menuju jalur arah Kabupaten Pati yaitu melewati Rute: Kecamatan Mlonggo - Kecamatan Bangrsi dan Kecamatan Kembang. Jarak rutenya Jepara ke Kecamatan Kembang kurang lebih 25 km. Sedangkan Kecamatan Kembang ke desa Tempur jarak tempuhnya kurang lebih 20 km. Dalam perjalanan ini teman-teman yang menunggu di sepanjang rute langsung bergabung begitu kita melewatinya soalnya kita sebelumnya sudah tau dimana mereka pada menunggu.

Memasuki Kecamatan Kembang dan sebelum kita menuju Desa Tempur kita berhenti. Dimana kita berhenti di Desa Sambung Oyot (wilayah administrasif Kecamatan Keling), untuk menunggu teman-teman yang lain (kebetulan saya berada di rombongan terdepan). Soalnya teman-teman ada yang belum mengetahui rute menuju desa Tempur ini termasuk juga saya.

Dari Sambung Oyot ini kita berbelok ke arah kanan rute Jepara – Pati. Dari sambung Oyot ini kita melewati desa Klepu, Desa Damar Wulan dan akhirnya desa Tempur.Pemandangan memasuki wilayah desa Tempur mulai terlihat keindahannya. Wah ….baru kali ini saya melihat kalau sebagian daerah Jepara ini ada pemandangan alam pegunungan yang benar-benar alami. Sepanjang perjalanan memasuki desa tempur begitu indahnya….ini sebagian gambarnya :

Dalam perjalanan ini teman saya ada yang roda kendaraanya bocor. Kebetulan aja pas bocornya dekat dengan tempat tambal ban. Jadi tidak susah-susah jalan terlalu jauh. Oh ya jangan dipikir bila perjalanan ke Desa tempur ini sulit. Soalnya jalurnya sudah diaspal dan bagus. Sampai rumah terakhir akhirnya kita berhenti untuk istirahat. Soalnya kendaraan kita sudah tidak bisa naik lagi. Selain jalan menanjak juga jalan beraspal sudah berhenti di sini.

Nah kita kemudian membuka bekal yang telah di persiapkan dari Peresusahaan. Sebetulnya di puncak Desa ini ada Situs peninggalan sejarah, yaitu Candi Angin-angin. Tapi jalan yang menuju ke lokasi masih memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan kaki kira-kira 5 km dari rumah terakhir ini. Soalnya memang itu jalur satu-satunya. Sebetulnya Saya pribadi ingin sekali ke sana….tapi memang tujuan kita tidak kesana dan juga saya membawa anak dan istri…

Setelah cukup istirahat kita kemudian turun untuk menuju sungai yang menurut kita masih sangat alami dan airnya jernih sekali,sehingga mengundang kita untuk mandi….ahkhirnya mandi juga....

Selesai Mandi air pegunungan kita pulang...dalam perjalanan pulang ini kita beristirahat untuk makan siang..tepatnya di Desa Krasak masuk wilayah Kecamatan Bangsri...ini gambarnya....

nah abis makan siang akhirnya kita pulang ke rumah masing-masing....see you Monday....ya. Kerja.......

catatan : Saya sarankan pada teman-teman yang mambaca cerita ini bila ke Jepara sempatkanlah menikmati Keindahan alam kaki pagunungan Muria dari Desa Tempur ini….tidak akan rugi….disamping menikmati keindahan suasana pantainya…

Jepara 16 Maret 2010

1. waah.....fahri dah besar cakep lagi,jadi anak yang cerdas dan soleh cah bagus....jaga kesehatan slalu.

2. saya anak jepara yang sudah domisili disemarang...
    saya sangat bangga dengan apa yang anda lakukan. tempur pesonanya tidak akan pernah pudar