Saturday 24 January 2009

Memandikan Bayi

Memandikan Bayi

Memandikan bayi adlah kegiatan yang rutin dan kejadian penting, baik bagi ibu dan bayi.Sehingga kegiatan memandikan ibi harus dijadikan suatu kesempatan yang menyenangkan dengan kerepotan yang minim. Saran berikut untuk menyederhanakan prosedur memandikan bayi sekaligus pada saat yang sama kedua belah pihak dapat memadu kegembiraan.

  1. Mandiakan bayi di dalam kamar, di dapur atau kamar mandi.
  2. Taruhlah baskom atau bak mandi khusus bayi dia atas meja atau atas bak cuci piring. Dengan demikian ibu tidak perlu repot-repot berlutut dilantai kamar mandi, sementara menjaga jangan sampai tercebur atau tenggelam dalam bak mandi dewasa.
  3. Isilah baskom itu dengan air hangat, sehangat yang dirasakan orang dewasa..
  4. Bukalah pakaian bayi itu dengan cepat dan segera tempatkan dia dalam air hangat.
  5. Peganglah kepala dan bahu bayi dengan sebelah tangan, sedangkan yang lainnya membasuh tubuhnya itu secara menyeluruh tetapi hati-hati. Pakailah sabun mandi bayi tanpa soda.
  6. Jangan gunakan sapu tangan atau washlap untuk membersihkan mata, hidung dan kupingnya, karena ini sangat bahaya.
  7. Setelah memandikan bayi, segeralah memindahkan bayi dari bak mandi, tempatkan bayi dihamparan handuk yang lembut. Bugkuslah dengan longgar dengan handuk dan keringkan tubuhnya dengan hati-hati.
  8. Pakailah minyak gosok atau minyak talon yang tidak terlalu panas pada tempat-tampat yang terkelupas kulitnya. Lalu bedakilah dengan bedak bayi yang tidak berbau agar kulit tidak cepat basah karena keringat.
  9. Kenakanlah pakaian bayi dengan cepat, tidak perlu tergesa-gesa sementara terbaring dalam lipatan selimut.

Sumber: Nano Sunartyo, Panduan Merawat Bayi Dan Balita, Diva Press, 2005

No comments:

Post a Comment