Monday 22 December 2008

TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN MENTAL ANAK

TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN MENTAL ANAK*

Pemantauan Perkembangan mental anak sangat penting sebagai dasar untuk perkembangan selanjutnya, yakni prasekolah, sekolah, akil balik dan remaja. Untuk mendapatkan perkembangan yang baik dibutuhkan:

1. Kesehatan dan gizi yang baik: baik ketika masih dalam kandungan, bayi maupun prasekolah.

  1. Memberikan stimulus (rangsangan) yang cukup dalam kualitas dan kwanitas.

Selain ke dua faktor itu keluarga dan kelompok bermain mempunyai peran yang penting dalam membina fisik, mental sosial anak balita.

Umumnya perkembangan mental anak dapat bapak ibu liat sebagai berikut :

1. Dari usia 1 sampai 30 hari

  • Secara naluri bayi telah mampu mengisap ASI dengan baik, kerena inilah satu-satunya cara untuk makan.
  • Bayi telah dapat mengerak-gerakkan kedua lengan, kaki dan jari-jemari.
  • Bayi mulai memberikan reaksi dengan melihat ke sumber cahaya dengan penglihatannya.
  • Bayi akan menangis ketika lapar, haus, buang air kecil dan besar.

2. Dari usia 1 sampai 3 bulan

§ Bayi muali belajar tengkurap dan belajar mengangkat kepala.

§ Kemampuan penglihatannya sudah bertambah dengan mingikuti obyek yang dilihatnya.

§ Bayi sudah dapat tersenyum saat melihat muka seseorang.

§ Bayi sudah dapat bereaksi terhadap bunyi atau suara

§ Bayi mengenal ibunya dengan penglihatan, penciuman, pendengaran dan kontak.

§ Bayi dapat menggenggam dan menahan benda atau maninan yang disentuhkan pada ujung jari dan telapak tangannya beberapa saat.

§ Bayi sudah mengoceh dengan spontan atau beraksi dengan mengoceh.

3. Dari Usia 3 sampai 6 bulan

§ Bayi berusaha memperluas pandangannya dengan mengangkat kepala tegak dan mengangkat dada dengan bertopang tangan.

§ Bayi mampu berguling-guling, membolak-balikkan badan dari terlentang ke tengkurap, atau sebaliknya.

§ Bayi mulai belajar meraih benda-benda yang ada di jangkauannya atau di luar jangkauannya dan berusaha mencari benda-benda yang menarik perhtiannya atau benda yang hilang.

§ Bayi akan mencari dan menengok sumber suara bunyi.

§ Emosi sudah mulai tampak dengan tertawa dan menjerit gembira bila diajak bermain.

§ Giginya mulai tumbuh dan sering menaruh benda-benda dimulutnya atau menggigit-gigit benda dengan giginya.

4. Dari usia 6 samapi 9 bulan

§ Bayi mulai belajar duduk sendiri tanpa dibantu.

§ Bayi sudah dapat merangkak maraih benda atau mendekati seseorang.

§ Bayi mampu memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain.

§ Bayi memegang benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk.

§ Bergembira dengan melempar-lempar benda.

§ Bayi akan tertawa atau berteriak ketika melihat benda-benda yang menarik perhatiannya.

§ Menjerit atau mengeluarkan kata-kata yang tanpa arti.

§ Bayi mulai menurukan suara atau bunyi-bunyian yang di dengarkan.

§ Bayi mulai mengenal muka anggota keluarganya dan takut-takut kepada orang asing atau orang lain.

§ Bayi dapat memegang dan makan kue sendiri tanpa di bantu.

§ Bayi mulai dapat diajak bermain dalam permainan tepuk tangan dan bunyi-bunyian.

5. Dari usia 9 sampai 12 bulan

§ Bayi mulai belajar berdiri sendiri dengan berpegangan pada meja, kursi atau lemari (rambatan-jawa).

§ Bayi mulai belajar berjalan dengan berpegangan.

§ Mengulang bunyi atau suara yang didengarnya.

§ Bayi mulai belajar mengucapkan atau menyebutkan suara atau dua kata yang sama, misalnya : mi-mi, ma-ma atau pa-pa.

§ Bayi mulai mengerti peritah atau larangan-larangan.

§ Bayi mampu meraih atau memegang benda-benda kecil dengan tangannya.

§ Bayi mulai memperlihatkan minat yang besar dalam menjelajah sekitarnya, ingin melihat dan mengetahui semuanya, ingin menyentuh apa saja dan memasukkan benda-benda ke mulutnya.

§ Bayi sudah mulai bisa dajak berpartisipasi dalam permainan.

6. Dari usia 12 sampai 18 bulan

§ Anak sudah dapat berjalan sendiri tanpa berpegangan dan menjelajahi rumah serta sekeliling rumah.

§ Mulai dapat menyusun 2 atau 3 kotak.

§ Belajar melempar, menangkap dan menendang bola.

§ Mulai mengatakan 5 sampai 10 kata.

§ Dapat bertepuk tangan dan minum dari cangkir atau “mug” tanpa tumpah.

§ Mampu memperlihatkan perasaannya seperti rasa cemburu dan rasa bersaing.

7. Dari usia 18 sampai 24 bulan

§ Anak sudah bias melompat dengan dua kaki.

§ Naik turun tangga.

§ Mampu menusun 6 kotak ke atas.

§ Anak dapat berjalan mundur sedikitnya 4-5 langkah.

§ Mampu mengenali gambar-gambar yang diperlihatkan kepadanya.

§ Menggambar garis di kertas atau tanah atau pasir.

§ Mampu menyusun dua kata.

§ Belajar makan sendiri.

§ Menaruh minat atau meniru apa yang dikerjakan oleh orang-orang yang lebih besar.

§ Memperlihatkan minat kepada anak lain dan bermain-main dengan mereka.

§ Mampu menunjukkan dan menyebutkan bagian tubuh dengan benar.

§ Mulai belajar mengontrol buang air besar dan buang air kecil.

8. Dari 2 sampai 3 tahun

§ Anak mulai belajar melompat, memanjat, melompat dan berdiri dengan satu kaki.

§ Mampu menyusun kalimat-kalimat sederhana dan menggunakan kata-kata yang ditunjuk kepadanya.

§ Anak dapat mengikuti perintah dan petunjuk-petunjuk sederhana. Belajar menggambar dengan membuat lingkaran dan garis lurus.

§ Anak mampu melakukan sendiri, seperti makan dan minum.

§ Bermain bersama dengan anak-anak lain dan menyadari adanya lingkungan lain di luar keluarganya.

§ Dapat menyebut namanya sendiri.

9. Dari 3 sampai 4 tahun

§ Mulai senang bermain dan mengunjungi tetangga.

§ Anak mulai mampu berjalan pada jari kaki (jinjit).

§ Belajar berpakaian dan mambuka pakaian sendiri.

§ Menggambar garis silang atau orang hanya kepala dan badan.

§ Mampu memilih 2 atau 3 warna dalam gambar.

§ Mampu menyebut namanya, jenis kelamin dan umurnya serta nama panggilan orang lain.

§ Mulai bicara dengan baik.

§ Rasa ingin tahunya yang basar dan banyak bertanya.

§ Mulai mengenal sisi atas, bawah , muka dan sisi belakang.

§ Tertarik pada cerita-cerita, seperti binatang.

§ Bermain dengan anak lain.

§ Dapat mamakai dan melepas sepatu sendiri.

§ Mulai mengerti dan mematuhi aturan sederhana.

§ Mampu menunjukkan rasa sanyang kepada saudara-saudaranya.

§ Dapat melaksanakan tugas-tugas sederhana.

10. Dari 4 sampai 5 tahun

§ Anak dapat melompat dengan satu kaki.

§ Anak mulai mampu meniru gerakan atau bergaya seperti orang yang lebih besar, seperti menari, berjoget dan bernyanyi.

§ Mampu mangambar bentuk orang dengan lengkap dan menggambar segiempat atau segitiga.

§ Dapat menghitung dengan jari-jarinya.

§ Dapat berpakaian dan mengancingkan baju sendiri.

§ Dapat menyebut nama-nama hari dalam seminggu.

§ Mampu mengenal bentuk dan membandingkan ukuran besar atau keil dan panjang atau pendek.

§ Mampu mengulang hal-hal penting yang didengarnya.

§ Mampu mengenal lebih banyak warna.

§ Mampu menceritakan tentang peristiwa yang dialaminya secara sederhana.

§ Sangat berminat terhadap kata-kata baru yang belum dikenalnya dan artinya.

§ Sering melakukan protes bila dilarang apa yang diniginkannya.



* Sumber: SKALA YAUMIL-MINI Bagian Psikologi Anak U.I. & UKK Pediatri Sosial IDAI.

No comments:

Post a Comment