Saturday 14 March 2009

Buku Bertekstur untuk Si 9 - 12 Bulan

Buku Bertekstur untuk Si 9 - 12 Bulan

Jari jemari si kecil semakin rajin mengeksplorasi dunia kecil di sekelilingnya. Segala benda disentuhnya. Ia ingin mengenal tekstur benda yang berbeda-beda. Inilah kesempatan mengarahkannya bermain buku bertekstur. Aktivitas ini mengasah motorik halus dan indera peraba anak. Si kecil pun mengenal aneka tesktur dan bentuk Persiapan :• Buku bertekstur (bisa Anda beli di toko buku).• Membuat sendiri dengan menempelkan potongan-potongan kain; wol, brokat, handuk, satin, kaos, jins, korduroy, kulit dan bulu imitasi, serta kancing bermacam ukuran pada lembaran-lembaran buku.Cara bermain :1. Dudukkan si kecil di pangkuan Anda, atau ia duduk di lantai beralas karpet.2. Buka lembaran buku, bimbing anak meraba potongan kain-kain bertekstur dalam buku.3. Semangati si kecil saat ia mulai meraba dan menyentuh kain tersebut.4. Ketika tangannya meraba, katakan, “Kain ini lembut. Kalau yang ini kasar.”

Catatan keamanan mainan:
Awasi anak karena ada kemungkinan ia menyobek buku, menarik potongan kain atau kancing dan memasukkan ke dalam mulutnya.
Kemampuan yang terstimulasi:
• Klasifikasi
• Sentuhan
• Motorik kasar
• Bicara

1 comment:

  1. Halo Ayah Fahri..

    Hmm.. Artikel di atas diambil dari www.ayahbunda.co.id ya.. Boleh saja mengutip atau menyalin artikel dari sana, tapi mohon cantumkan juga sumber: www.ayahbunda.co.id. Karena itu termasuk bagian dalam Disclaimer atau peraturan kami. Terima kasih..

    Salam,

    Tim Redaksi www.ayahbunda.co.id

    ReplyDelete