Wednesday 11 March 2009

Masa-masa Penting Dalam Kehidupan Anak

Masa-masa Penting Dalam Kehidupan Anak

Kapan, sih, si kecil harus dibawa ke dokter gigi? Usia berapa ia sudah bisa membersihkan hidungnya pada waktu flu? Kapan anak dapat mengendarai sepeda roda tiga? Berikut jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ada di benak orang tua. Tapi ingat, tiap anak adalah individu unik alias berbeda. Masing-masing memiliki kemampuan dan karakter yang berbeda.

*Boks bayi
Saat bayi menginjak usia 3 bulan, tidurkan dia di dalam boksnya dan jangan di tempat tidur Anda. Soalnya, semakin bertambah usia anak, semakin susah bagi Anda untuk membiasakan dia tidur sendiri.

*Mainan untuk menenangkan bayi
Pada saat bayi berusia 2 sampai 3 bulan, sebaiknya mainan untuk membuat bayi tenang jangan diletakkan di tempat yang bisa dijangkau oleh bayi. Di usia 3 atau 4 bulan, bayi suka memasukkan benda ke dalam mulutnya. Oleh karena itu, sebaiknya mainan tersebut disingkirkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

*Mengenalkan huruf, angka, bentuk, dan warna
Anda dapat mulai mengajarkan huruf-huruf, angka, warna, dan bentuk saat bayi berusia 6 bulan.

*Biarkan bermain dengan sesamiarkan bermain dengan sesama bayi
Bayi-bayi lebih tertarik dengan sesama bayi daripada dengan orang dewasa. Pada usia 2 sampai 3 bulan, mereka saling memandang dan memperhatikan. Di umur 9 sampai 12 bulan, mereka saling memberikan dan bertukar mainan dan saling meniru. Untuk menghindari pertengkaran dan demi menciptakan suasana yang menyenangkan, sediakan dua macam mainan yang sama.

*Melakukan tugas
Anda dapat mulai mengajarkan tugas sehari-hari sejak anak berusia 18 bulan.
Membereskan mainan, meletakkan pakaian kotor di keranjang pakaian kotor atau meletakkan serbet di meja makan merupakan permulaan yang baik untuk diajarkan kepada anak-anak.

*Gigi
Sebaiknya bawa bayi ke dokter gigi sekitar 6 bulan sesudah gigi pertamanya keluar atau tidak melewati ulang tahunnya yang pertama.

*Perosotan
Anda dapat membiarkan anak bermain perosotan tanpa dipegang pada usia 15 sampai 18 bulan.

*Mainan beroda
Anda juga sudah dapat membelikan anak mainan yang bisa dikendarai seperti mobil-mobilan atau sepeda-sepedaan. Sebagian anak ada yang sudah dapat mengatur kaki mereka untuk mengayuh ke depan dan ke belakang, sementara sebagian lagi masih memerlukan bantuan kita untuk mendorongnya.
Pada usia 18 bulan, Anda sudah dapat membelikannya sepeda roda tiga. Walaupun dia belum terlalu bisa mengatur gerakan mengayuh, anak tetap dapat menikmati mainannya sambil memegang pegangannya.

*Gelas hirup
Pada usia 18 bulan hentikan pemakaian gelas hirup/bercorong. Pada usia tersebut anak sudah harus dapat menggunakan cangkir/gelas untuk minum kecuali di dalam kendaraan atau di tempat bermain. Biasakan anak minum di gelas. Untuk mengantisipasi air yang tumpah, sediakan tisu/lap atau ajari ia minum dengan menggunakan sedotan.

*Bepergian tanpa anak
Anda dapat bepergian tanpa anak pada saat bayi berusia di bawah 5 bulan. Pada usia 5 bulan ke bawah, bayi tidak/belum merasakan kehilangan Anda. Dalam beberapa hal, bayi lebih dapat berpisah daripada anak balita yang sudah lebih mengenal Anda.

*Meniru
Anak-anak di usia 3 tahun senang meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa.

*Tali Sepatu
Ajarkan anak memasang tali sepatu sejak duduk di taman kanak-kanak. Anak-anak harus mempunyai keterampilan kognitif dan gerakan yang dapat diajarkan sejak usia 4 dan 5, walaupun belum tentu dia dapat melakukannya dengan baik di ulang tahunnya yang kelima.

*Kursus berenang
Bisa mulai dilakukan ketika anak berusia 4 tahun. Sebaiknya tidak mengajarkan anak berenang sebelum berusia 4 tahun karena tubuh mereka belum terkoordinasi dengan baik untuk berenang dan kemungkinan kurangnya kewaspadaan dari para orang tua pada anaknya yang sedang berenang dapat membahayakan.
Mengajarkan berbagai macam gaya renang pada anak di bawah 4 tahun dapat dilakukan tetapi harus lebih merupakan kesenangan bukan sebagai perintah/keharusan.

*Menjawab telepon
Biarkan anak mengangkat telepon pada usia 4 tahun karena pada usia ini cara bicara anak-anak sudah dapat dimengerti. Bila ingin mengajarkan anak untuk menuliskan pesan dari orang yang menelepon, Anda harus menunggu sampai ia dapat menulis dan mengeja secara sederhana, mungkin sebelum dia berusia 7 tahun.

*Uang saku
Pada saat anak mulai masuk sekolah dasar, Anda dapat memberikan uang saku karena pada saat ini anak sudah mengerti uang dan sudah tahu apa yang diinginkannya. Uang saku merupakan cara terbaik untuk mengajarkan anak mengenai menabung, mempersiapkan tujuan serta prioritas, membuat pilihan, dan dapat membantu Anda untuk menghitung pengeluaran keluarga.

Sumber: http://tabloidnova.com

No comments:

Post a Comment